Thursday 28 January 2016

Problematika Dakwah Sekolah

1. Problem Internal
Yaitu problem yang disebabkan oleh faktor yang berasal dari jama’ah, seperti :
  • Perhatian khusus jama’ah terhadap dakwah pelajar yang belum optimal, hal ini dapat dilihat dari lemahnya pengelolaan dakwah pelajar pada aspek manhaj, struktur, dan personal.
  • Mobilitas vertikal dan horizontal para aktifis dakwah yang meningkat di berbagai sektor, sementara proses regenerasi yang akan kelanjutan dakwah terabaikan khususnya dakwah pelajar.
  • Lemahnya dakwah kampus lebih diakibatkan karena minimnya pasokan dakwah pelajar. Hal ini diakibatkan minimnya kader dakwah yang siap untuk menangani dakwah pelajar.

2. Problem Eksternal
Yaitu problem/tantangan yang disebabkan oleh faktor yang berasal dari luar jama'ah yang sangat berpengaruh bagi gerakan dakwah sekolah, seperti :
  • Tantangan pemikiran dan budaya yang bisa mempengaruhi aktifitas para pelajar seperti gerakan liberalisme dan feminisme serta aliran penyimpangan lainnya yang menyentuh para pelajar.
  • Demoralisasi yang parah meliputi fenomena musik, hedonistik, NAPZA, seks bebas dan tawuran di kalangan pelajar.
3. Adanya kedua problem internal dan eksternal tersebut di atas menyebabkan terjadinya penurunan aktifitas dakwah secara signifikan khususnya di kalangan pelajar.


0 Tanggapi:

Post a Comment