Saturday 12 May 2012

Kuota Maba: UNM 3.946, UIN 1.250 orang, Unhas 2.565 orang

  Sumber : makassar.tribunnews.com
MAKASSAR, TRIBUN-TIMUR.COM--Tiga perguruan tinggi negeri penyelenggaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) di Makassar siap menerima mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN ujian tulis.

Ketiga PTN penyelenggara SNMPTN tersebut adalah Universitas Hasanuddin untuk Panitia Lokal (Panlok) 82 dan Universitas Negeri Makassar kerja sama Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin untuk Panlok 80.

Pendaftaran penerimaan mahasiswa baru tersebut sudah dimulai Rabu 10 Mei. Pendaftaran mahasiswa baru untuk jalur ini serentak oleh semua PTN pelaksana SNMPTN di Indonesia. "Kami dari Panlok 80 siap memfasilitasi calon mahasiswa untuk memilih PTN manapun," kata Ketua Panlok 80 UNM-UIN Aluddin, Prof Sofyan Salam MA PhD pada jumpa Persnya di Rumah Makan Kuliner, Jl Lanto Dg Pasewang, Makassar, Selasa (8/5/12).

Jumpa Pers ini dihadiri oleh Rektor UNM, Prof Dr Arismunandar MPd, para pembantu rektor UNM, Pembantu Rektor III UIN Alauddin Dr Muhammad Natsir Siola MA bersama Karo Akademik dan Kemasiswaan UIN Alauddin Dra Nur Aini Gani MM, dan beberapa pejabat UNM.


Kepada wartawan, Sofyan yang juga PR I Bidang Akademik UNM ini mengatakan, Panlok 80 tidak hanya diperuntukkan bagi peserta yang ingin memilih UNM dan UIN Aluddin saja tetapi juga bisa memfasilitasi calon mahasiswa yang ingin memilih PTN manapun yang menjadi peserta SNMPTN.

Total jumlah kuota mahasiswa baru yang akan diterima melalui jalur SNMPTN di tiga PTN ini sebanyak 7.761 orang. Yakni untuk UNM, total mahasiswa baru yang akan diterima untuk jalur SNMPTN jalur tulis ini direncanakan sebanyak 3.946 orang, UIN Alauddin menyiapkan kuota 1.250 orang, dan di Unhas menyiapkan 2.565 orang.

Sekadar informasi, jalur SNMPTN merupakan jalur yang paling banyak menyiapkan kuota mahasiswa baru dan dilaksanakan serentak oleh puluhan PTN penyelenggara SNMPTN di Indonesia. Dengan demikian, calon mahasiswa baru mempunyai banyak peluang untuk bisa diterima di perguruan tinggi negeri. Keuntungan lain yang bisa diperoleh apabila mengikuti jalur SNMPTN adalah calon mahasiswa baru dapat memilih PTN idaman di luar tempat ia mengikuti ujian seleksi.

Nah, bagi kamu calon mahasiswa baru lulusan SMA/SMK/sedarajat yang ingin melajutkan studi ke jenjang perguruan tinggi, tentukan pilihan kamu dan segera mendaftar karena pendaftaran hanya sampai tanggal 31 Mei mendatang.

Adapun, tatacara pengisian borang pendaftaran ujian tertulis dan keterampilan dapat diunduh (download) dari laman
http://download.snmptn.ac.id. Informasi resmi mengenai SNMPTN dapat diakses melalui laman resmi: http://snmptn.ac.id. Persyaratan mereka yang mendaftar melalui jalur ini, lulus dari satuan pendidikan dan ujian nasional SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara, tahun 2010, 2011, dan 2012.

Lulusan 2010 dan 2011 memiliki ijazah sekolah yang disebutkan atau setara, sementara lulusan 2012 sekurang-kurangnya telah memiliki Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan pasfoto terbaru yang bersangkutan, dibubuhi cap sekolah.

Memiliki kesehatan yang memadai, sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di perguruan tinggi. Juga, tidak buta warna bagi program studi tertentu.

Selanjutnya, bagi peserta pelamar Bidikmisi hendaknya terlebih dahulu mempelajari prosedur pendaftaran Bidikmisi melalui laman: http://bidikmisi.dikti.go.id dan calon terlebih dahulu mendaftar melalui laman tersebut.

Calon yang dinyatakan memenuhi syarat oleh Ditjen Dikti akan memperoleh Kode Akses Pendaftaran (KAP) dan Personal Identity Number (PIN) untuk mendaftar SNMPTN Jalur Ujian Tertulis melalui laman:http://ujian,snmptn.ac.id tanpa harus membayar biaya ujian.

ke saya, Portal
3 PTN di Makassar Siap Terima 7.761 Mahasiswa Baru
* Untuk jalur SNMPTN
* Pendaftaran SNMPTN mulai 10 Mei hingga 31 Mei mendatang

Jadwal pendaftaran Maba jalur SNMPTN ujian tulis:
- 10-31 Mei (pendaftaran)
- 12-13 Juni (Ujian Seleksi  di Panlok Unhas)
- 7 Juli (pengumuman hasil terpusat)
- 16-27 Juli (Daftar Ulang online)
- 30 Juli-11 Agustus (Registrasi dan pemeriksaan berkas)

Penulis : Suryana Anas
Editor : Imam Wahyudi

0 Tanggapi:

Post a Comment